Lawu Media

Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Menjadi Lebih Cepat

cara-mengatasi-laptop-lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Laptop anda mengalami kelambatan atau lemot? Memang benar laptop lemot membuuat kita bete saat mengoperasikannya apalagi pada saat keadaan penting seperti mengetik dokumen dan kegiatan lainnya menggunakan laptop. Lebih parahnya lagi jika tugas tersebut harus diselesaikan dalam waktu dekat, mungkin ini akan menjadi masalah karena laptop yang kita andalkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut malah lemot. Selain menghambat kita dalam mengerjakan tugas, laptop yang lemot juga mengganggu aktivitas lain seperti browsing maupun gaming. Pokoknya, laptop yang lemot sangat-sangat menjengkelkan. Sebenarnya hal itu dapat memicu kinerja sebuah hardware maupun software yang berada di laptop tersebut. Akan tetapi itu semuanya ada sebabnya dan ada juga cara mengatasinya. Mungkin langsung saja gimana cara mengatasi laptop lemot agar menjadi lebih cepat lagi.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Update Kapasitas RAM

Random Acces Memory atau yang disingkat dengan RAM merupakan sebuah memori yang digunakan untuk menyimpan data sementara pada komputer ketika menjalankan suatu program. Jika banyak program yang di buka maka semakin banyak juga RAM dibutuhkan, dan juga RAM memiliki peranan paling utama dalam hal multitasking atau menjalankan program secara bersamaan dalam satu waktu.

Untuk mengatasi hal tersebut anda harus menambahkan kapasitas RAM pada laptop anda menjadi lebih besar, agar proses multitasking maupun kinerja laptop jauh lebih cepat. Walaupun anda beberapa program secara bersamaan laptop anda tidak akan lemot ataupun mengalami crash jika kapasitas RAM lebih besar.

2. Adanya Virus atau Malware yang menginfeksi Laptop Anda

Yang namanya virus itu juga berbahaya dan sangat berpengaruh bagi kinerja laptop. Apalagi virus juga bisa menggandakan diri itu merupakan hal yang sangat menjengkelkan, hal itu menjadi penyebab utama kinerja laptop menjadi lambat. Selain virus kerjanya merusak data-data penting, virus juga dapat merusak file-file system yang menyebabkan laptop menjadi lelet dan hang.

Untuk mengatasi dari serangan dari virus yang berbahaya, sebaiknya laptop di pasang antivirus yang benar-benar mumpuni untuk keamanan laptop dari serangan virus. Pada dasarnya fungsi semua antivirus itu sama, melindungi laptop anda dari yang namanya virus. Tapi tidak semua antivirus dapat membendung serangan virus yang menjengkelkan ini. Tetapi juga harus benar-benar mengetahui System Requrmentnya juga jika laptop anda tidak kuat untuk di install antivirus tersebut jangan di paksakan untuk menginstall itu juga menjadi hal dari penyebab laptop menjadi lemot. (Baca Juga : 5 Cara Untuk Memperpanjang Usia Baterai Laptop)

3. Unistall Program Yang Di Rasa Tidak Dibutuhkan

Program yang banyak terinstall dalam laptop itu merupakan salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Mungkin tidak menjadi masalah jika laptop anda memiliki kapasitas harddisk yang cukup besar. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa banyak program yang terinstall menjadi salah satu pemicu laptop menjadi lemot. Maka dari itu, pastikan anda menginstall program-program yang memang benar-benar anda butuhkan. Jika ada program yang tidak penting dan jarang sekali anda gunakan, lebih baik diuninstall saja daripada memberatkan kinerja komputer. Terlebih jika program tersebut berjalan di startup, akan semakin memberatkan kinerja laptop saja.

4. Jangan Menjalankan Program Di Laptop Secara Bersamaan

Menjalankan program secara bersamaan juga merupakan salah satu penyebab laptop lemot, Hal ini menyebabkan kerja komponen utama laptop, seperti processor dan RAM menjadi berat. Untuk cara mengatasinya cobalah untuk menjalankan program satu per satu agar kerja processor maupun RAM menjadi lebih ringan. Jika anda terus memaksakan membuka banyak program dalam satu waktu, jangan salahkan jika laptop anda akan hang atau not responding.

5. Hapus File Temporary Yang Menumpuk

Temporary merupakan file-file sementara yang dibuat oleh sistem windows untuk tujuan tertentu. File-file pada recyclebin maupun cache pada aktivitas browser anda juga dapat mempengaruhi kinerja laptop anda. Untuk cara mengatasinya silahkan bersihkan temporary file pada system anda saya sarankan menggunakan CCleaner, karena software ini juga dapat digunakan sebagai alternatif dari tool windows yang bernama Disk Cleanup.

6. Bersihkan dan Cek Hardware Pada Laptop

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa hardware yang bermasalah juga dapat meyebabkan laptop menjadi lemot, misalkan saja yang terjadi pada fan/kipas laptop. Fan laptop biasanya adalah hal utama yang menyebabkan kinerja laptop menjadi lelet yang dikarenakan fan pada laptop anda kotor karena adanya debu yang menumpuk, jadi kinerja fan tidak stabil dan itu juga berpengaruh pada kinerja laptop anda. Untuk cara mengatasinya silakan bongkar laptop anda dan bersihkan debu-debu yang menempel pada hardware laptop

7. Melakukan Istall Ulang System Operasi

JIka cara di atas belum juga berhasil untuk menjadikan laptop anda berjalan dengan cepat, maka jalan satu-satunya adalah dengan mengistall ulang sistem yang anda gunakan di laptop. Dengan install ulang laptop anda akan menjadi lebih fress akan sedia kalah dan bekerja seperti baru lagi.

8. Beli laptop baru yang memiliki spesifikasi tinggi

Jika sudah install ulang juga tidak berhasil makan anda di sarankan untuk membeli laptop baru lagi yang memiliki spesifikasi yang lebih bagus dari laptop sebelumnya. Dengan membeli laptop baru yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi masalah anda akan terselesaikan dengan baik.  (Baca Juga : Daftar Harga Laptop Terbaru)

Munkin itu merupakan beberapa cara yang dapat saya sampaikan dan hal itu juga yang sering terjadi jika laptop menjadi lemot. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memperbaiki laptop anda yang lemot dan terima kasih sudah berkunjung di lawumedia.com

Share This :
Ahmad Adzan Azari
Ahmad Adzan Azari

Berhentilah mengungkapkan alasan untuk kegagalanmu. Sebab berhenti beralasan merupakan rahasia tersembunyi dari kesuksesan.

Komentar