Langsung Mencabut Flashdisk Tanpa Eject, Apa Bahayanya?

Mencabut-Flashdisk-Tanpa-Eject

Mencabut Flashdisk Tanpa Eject – Flashdisk merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data atau file yang dapat di bawa kemana-mana tanpa memakan banyak tempat ruang dan tanpa harus terbebani. Mungkin banyak segali hal yang mungkin itu hal yang sepele untuk di lakukan, tetapi itu malah menjadi faktor yang tidak baik yang akan di dapa nanti. Kebiasaan mencabut Flashdisk langsung dari komputer maupun laptop tanpa dengan melakukan eject terlebih dahulu dapat membahayakan file yang di dalam flashdisk maupun flashdisk itu sendiri. Banyak yang bertanya-tanya, untuk apa sih kita harus meng-eject flashdisk kalau mau di cabut dari komputer? atau mungkin ada juga yang berpikir kalau tidak malasah jika mencabut flashdisk tanpa eject.

Untuk melakukan hal sekecil ini kadang kita juga lupa bahkan sepele sama sekali dan jika berkelanjutan seperti ini, maka dapat merusak flashdisk ataupun file kamu. Kejadian ini biasanya terjadi karena terburu-buru mencabut flashdisk tanpa melakukan proses Eject terlebih dahulu atau mau entah kemana. Hal tersebut harus kita hindari mulai saat ini juga untuk menjaga kualitas file maupun flashdisk aman dari kerusakan atau file Corupt.

Penjelasan Bahaya Cabut Flashdisk Tanpa Eject

Mencabut-Flashdisk-Tanpa-Eject

Yang di kutip dari situs How to Geek, mengatakan bahwa tingkatan bahaya yang disebabkan dari mencabut flashdisk tanpa proses Eject bergantung pada proses apa yang sedang dilakukan oleh kamu. Misal kamu sedang mengotak-atik isi flashidsk dan langsung mencabutnya, ini bisa membuat data di flashdisk kamu jadi rusak. Atau juga kamu sedang melakukan proses transfer data (copy-paste data) dan kamu langsung mencabut file tersebut tanpa melihat apakah sudah selesai prosesnya, padahal proses copy-paste data masih berjalan. Maka data tidak seutuhnya ter-copy. Jadi ketika kamu membuka file tersebut ke komputer lain, file tersebut tidak dapat dijalankan sama sekali ataupun muncul notifikasi error pada file.

Ketika kamu membuka file untuk melakukan read/write ke dalam flashdisk, maka komputer akan melaksanakan perintah tersebut dalam waktu yang bersamaan.

Selain itu, seperti yang kita ketahui, jika mencabut flashdisk tanpa eject akan cepat membuat flashdisk rusak. Oleh sebab itu, ada baiknya kita selalu melakukan eject ketika flashdisk telah selesai digunakan. Di dalam komputer, ada dua opsi untuk memberhentikan proses baca tulis data di flashidsk, yaitu Eject atau Safely Remove. Mana yang lebih aman untuk dilakukan?

Menu Safely Remove

Mencabut-Flashdisk-Tanpa-Eject

Menu Safely Remove yang bisa diakses dari pojok kanan bawah layar komputer di nilai lebih aman. Karena semua proses baca tulis data akan sepenuhnya berhenti dan koneksi dengan flashdisk pun sepenuhnya terputus.

Menu Eject

Mencabut-Flashdisk-Tanpa-Eject

Menu Eject  biasanya menjadi pilihan jika menggunakan perangkat USB multi port, seperti Card Reader. Kok bisa? Karena dengan menu Eject kita bisa memilih port mana yang akan kita putuskan koneksinya, dan port mana yang akan dibiarkan terus berjalan.

Nah sekarang sudah tahu bukan bahaya Langsung mencabut flashdisk tanpa Eject? Sebelum terjadinya kerusakan terhadap flashdisk dan untuk memberikan rasa aman terhadap data kamu agar tidak terjadinya corrupt, maka lakukanlah hal kecil ini.

 

Share This :
Ahmad Adzan Azari
Ahmad Adzan Azari

Berhentilah mengungkapkan alasan untuk kegagalanmu. Sebab berhenti beralasan merupakan rahasia tersembunyi dari kesuksesan.

Komentar

  • lha nek gk eneng Menu Eject pie?

    • Setiap OS pasti ada Menu Ejectnya. 🙂

      • imam nur hani hani

        la gonaku kabel data gk eneng i,enenge flashdisk