Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis

Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis – Perkembangan suatu teknologi memang sangat berkembang begitu cepat, pada era teknologi kita harus mengikuti yang namanya dengan perkembangan zaman untuk mendapatkan informasi teknologi yang ter up to date. Begitu juga dengan laptop setiap saat pasti ada pengeluaran terbaru untuk menunjukan dan memanjakan pengguna dengan spesifikasi yang begitu megah dan mewah. khususnya untuk mempermudah pekerjaan akan menjadi lebih efisien dan efektif, apalagi buat untuk seorang yang memiliki profesi pekerjaan sebagai desain grafis dalam bidang 2D maupun 3D pastinya juga sangat memerlukan laptop yang memiliki kemampuan yang mumpuni dan memadahi yang bisa memenuhi kebutuhan komputasi yang diperlukan seorang desainer grafis.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus

Spesifikasi sebuah laptop bukan hanya terpaku pada seberapa canggihnya processor yang digunakan. Demi mendapatkan kenyamanan yang maksimal, seluruh komponen juga harus mendukung. Hardware pendukung lain yang perlu diperhatikan adalah GPU, Memory, Storage, ukuran dan ketajaman layar. Tidak berhenti sampai di situ, Merknya pun juga sangat mempengaruhi kualitas sebuah laptop atau notebook. Karena Merk yang bagus mengusung kualitas mainboard yang baik pula.

tips-memilih-laptop-untuk-desain-grafis-1

Terus bagamana caranya agar mengetahui kualitas laptop yang cocok untuk pekerjaan sebagai desain grafis? Berikut ini adalah tips memilih laptop untuk desain grafis, bagi anda yang profesinya sebagai desain grafis.

1. Merk Laptop

Merk laptop sangat mempengaruhi kualitas motherboard, baterai, monitor dan komponen-komponen pendukung lain pada laptop (Selain komponen utama). Begitu juga dengan selisih harga antara 100 sampai 300 ribu jangan korbankan kualitas dengan jumlah dana yang sangat sedikit tersebut. Usahakan pilih merk terbaik, agar mendapatkan laptop yang berkualitas yang terbaik yang nantinya akan anda gunakan. Jadi, jangan salah pilih merk laptop.

2. Processor

Pada sebuah laptop untuk desain grafis, processor adalah bagian utama yang melakukan pekerjaan paling berat. Dialah yang bertanggung jawab untuk melakukan semua perhitungan logis dan matematis dari setiap proses atau perintah yang diberikan user. Untuk laptop disarankan sebaiknya anda memilih Processor Intel. Karena, lebih tahan terhadap panas dari pada merk pesaingnya. Tetapi jika Anda memiliki budget yang minim, AMD boleh menjadi pilihan. Pilih yang memiliki processor intel pilih seri Core i3 ke atas dengan kecepatan 2,5 Ghz. Untuk AMD pilih seri APU untuk mobile. Jangan membeli laptop dengan seri processor di bawahnya, yaitu Intel Pentium Dual Core ke bawah.

Baca Juga : Harga Laptop Gaming Terbaru

Untuk sebuah laptop untuk desain grafis, yang anda perlu pertimbangkan adalah:

  1. clock speed
  2. jumlah inti (core)
  3. fitur Hyper Treading dan Virtualization
  4. besaran kapasitas cache (L1, L2, L3)
  5. generasi dari processor tersebut. Tinggal lihat angka pertama dari seri processor. Misalnya i3-5005U, berarti ini adalah processor i3 generasi Broadwell. Kalau awalannya 6 berarti itu processor generasi SkyLake, dan seterusnya. Semakin tinggi semakin baru, dan semakin efisien.

3. VGA

VGA atau juga biasa disebut sebagai GPU, adalah bagian dari laptop yang bertugas menangani tampilan visual dari sebuah laptop. Kecuali beberapa seri Xeon dari Intel, semua processor Intel dan AMD (APU) sudah menyertakan GPU terintegrasi dalam processor. Untuk editing foto atau membuat desain sebenarnya sudah cukup, tetapi dalam batas-batas tertentu. Jadi pilihlah laptop yang dilengkapi dengan Chipset Graphic dari NVidia atau Ati Radeon. Usahakan yang memiliki memory 1 Gb ke atas. Kalau bisa lagi yang memiliki interface DDR5. GPU dengan interface DDR5 memang memiliki harga yang lumayan mahal. JAdi jika dana Anda cukup minim pilih saja GPU dengan interface DDR3, sudah cukup untuk menjalankan program dan game berat saat ini.

4. RAM

Komponen berikutnya yang sangat berpengaruh terhadap kinerja sebuah laptop untuk desain grafis adalah RAM. Untuk komponen ini pilih yang memiliki kapasitas RAM 4 Gb (kalau bisa). Kalau tidak bisa, boleh yang 2Gb. Untuk kapasitas RAM 2 GB itu sangat pas-pasan dan itu pun juga sangatlah memaksa. Yang lebih penting lagi adalah anda harus pastikan laptop tersebut punya slot memori tambahan yang bisa kita manfaatkan ketika perlu melakukan penambahan atau upgrade RAM. Beberapa laptop murah keluaran terakhir ini, ada yang modul RAM-nya tertanam langsung di motherboard dan tanpa disertai slot memori tambahan. Bakalan bikin susah itu nanti.

5. HDD (Harddisk)

Laptop untuk desain grafis memerlukan media penyimpanan yang tidak hanya besar, tapi juga cepat. Untuk kapasitas hard disk, sebisa mungkin anda mendapatkan laptop dengan hard disk sebesar 1TB atau lebih. Kalau bisa pilih HDD merk ternama. Komponen ini juga dapat di upgrade, artinya di ganti dengan HDD yang memiliki kapasitas yang lebih besar. Kalau Anda ingin mendapatkan performa yang paling maksimal, ganti dengan storage SSD, kecepatan transfer data Anda bisa mencapai 4 x lipat daripada jika Anda menggunakan HDD

6. Layar

pekerjaan sebagai graphic designer itu pasti akan menuntut anda untuk berlama-lama menatap layar, maka faktor kenyamanan dan kesehatan anda harus mendapat perhatian. Pertimbangkanlah untuk membeli laptop dengan layar 15.6 inchi. Dibandingkan dengan layar 14 inchi, layar 15.6 inchi memang cuman beda sedikit, tapi itu akan memberi anda sudut pandang yang lebih luas sehingga akan lebih nyaman. Minimalnya sih 13.3 inchi. Di bawah itu akan ribet banget dan bikin pegal leher serta mata karena harus mendekat ke layar untuk melihat detail desain. Konsekuensi layar besar itu bikin berat laptop dan sedikit lebih boros baterai. Tapi sangat nyaman digunakan untuk membuat desain.

Akhir Kata

Tips memilih laptop untuk desain grafis yang ideal adalah memakai processor dari generasi terbaru, minimalnya 2 generasi sebelum yang terbaru. Bisa pakai punya Intel atau AMD. Kemudian sebaiknya punya VGA atau GPU discreet. Layarnya kalau bisa full HD 15,6 inchi dengan lapisan non-glare yang bagus. Dan terakhir, Hard Disk harus besar. Sebisanya 1 TB atau lebih. Kalau cuman 500 GB jadinya akan sering berurusan dengan hard disk eksternal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Lemot

Nah demikian pembahasan tentang tips memilih laptop untuk desain grafis, semoga artikel ini bermanfaat dan mohon maaf jika ada penulisan dan penyusunan artikel yang tidak sempurna, karena kesempurnaan hanya dimiliki oleh Allah SWT.


Ahmad Adzan Azari

Ahmad Adzan Azari

"Berhentilah mengungkapkan alasan untuk kegagalanmu. Sebab berhenti beralasan merupakan rahasia tersembunyi dari kesuksesan."

Beri Komentar!!