Tips Menulis Source Code Yang Baik dan Benar

Sebagai programmer kadang kala kita tidak memperhatikaan sudah sampai berapa baris kode program yang telah kita buat dan tanpa terasa baris kode yang kita buat mencapai seribu atau bahkan jutaan baris kode. Tapi apakah kalian pernah merasakan ketika membuat kode program tanpa memperhatikan kerapiannya, bisa jadi karena ingin cepat menyelesaikan program tersebut atau bahkan dikejar deadline untuk menyelesaikannya.

Kode program yang telah kita buat dapat mencerminkan cara berpikir si programmernya. Ada kalanya, ketika suatu saat kita berjumpa dengan kasus yang pernah kita alami sebelumnya, kita pasti membuka kembali kode-kode lama yang pernah kita buat dalam menangani kasus tersebut.

Baca Juga : “Apa Saja yang Harus Dilakukan untuk Menjadi Full-Stack Developer?

Saat membaca kembali kode yang telah dibuat sebelumnya, apakah kita dapat mengerti langsung apa yang pernah kita buat dulu? Jawabannya tentu setiap orang berbeda-beda cara penyelesaiannya. Jika kode yang pernah kita buat dulu rapi bisa jadi kita lebih mudah untuk mengingat kembali cara pikir kita dalam menyelesaikan program tersebut. Kebiasaan yang baik saat membuat kode program yang rapi akan mempengaruhi kemudahan alur pemikiran di masa lalu.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kode program

  1. Buatlah kode program sesimpel dan seefisien mungkin supaya proses compiling kode jauh lebih cepat.
  2. Kita harus konsisten dalam penulisan kode program seperti pemberian nama variabel, ukuran, case sensitive supaya mudah untuk mengingatnya
  3. Tambahkan komentar pada baris kode program mengenai fungsi tersebut dan bagaimana cara menggunakannya, selain memudahkan kita untuk mengingat fungsi yang kita buat, hal ini juga dapat membantu rekan kita dalam mencerna apa yang kita buat supaya dalam memahami program yang dibuat lebih cepat.
  4. Buat sebuah dokumentasi serta dilengkapi tour guide.
  5. Selalu update, karena terkadang ada cara-cara penulisan yang akan diatur ulang oleh pihak developer dari bahasa pemrograman yang kita manfaatkan.

Berikut beberapa Tools yang bisa dimanfaatkan dalam membantu kita untuk merapikan kode program

  1. CSS : www.cssportal.com, www.styleneat.com, tools.arantius.com/tabifier, www.dirtymarkup.com
  2. HTML : www.fisip.net, tools.arantius.com/tabifier, www.dirtymarkup.com
  3. PHP : phpcodecleaner.com
  4. JS : www.dirtymarkup.com, jsbeautifier.org
  5. CSS, HTML, Javascript, JSON, Perl, PHP, Phyton, Ruby, Sql, dan XML : www.cleancss.com

Masih banyak lagi tools yang bisa dimanfaatkan bagi programmer sehingga tidak menutup kemungkinan tools yang lain bisa juga dimanfaatkan.

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk pengunjung. Terima Kasih

Ahmad Adzan Azari

Ahmad Adzan Azari

Berhentilah mengungkapkan alasan untuk kegagalanmu. Sebab berhenti beralasan merupakan rahasia tersembunyi dari kesuksesan.

Kasih Komentar Gan