Beberapa Hal Yang Harus di Hindari Pada Smartphone Android

LAWUMEDIA.COM – Sudah tidak di pertanyakan lagi seberapa sering kamu menggunakan samartphone dalam banyak hal, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun untuk urusan lainnya. Oleh karena itu, kini smartphone android seakan sudah menjadi dari bagian hidup seseorang penuh dengan aktivitas yang bermacam-macam. Makanya, kamu harus merapat smartphone kamu dengan sebaik mungkin agar dapat menemanimu kapan pun dan dimana pun kamu berada.

Smartphone juga punya kehidupan yaitu sumberdaya jika smartphone kamu tidak ada sumber daya pasti tidak akan bisa hidup, di ibaratkan memasak tidak ada api. Kamu juga harus merawat dengan cara mengelap smartphone itu sampai bersih mengkilap, ataupun menjaganya erat-erat agar tidak terjatuh. Rawatlah semartphone seperti kamu merawat pacarmu dan sayangilah smartphone seperti kamu menyayangi ibumu. Tanpa smartphone kamu pasti tidak bisa mendapatkan hiburan, Pastinya kamu akan mengalami kegalauan. Kalau yang jomblo sih engak apa-apa. hehehe. Lalu, apa yang harus kamu lakukan untuk merawat smartphone? Bukanlah perawatan yang signifikan untuk membuat smartphone Android kamu dapat awet dalam jangka waktu yang lama. Nah kali ini saya akan memberi tahu (kenapa tahu? tempe aja. hehehe) beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada smartphone Android yang kamu miliki itu.

hal-yg-harus-dihindari-pd-android

1. Memakai Antivirus lebih dari satu di Android

 

Mungkin kamu merasa bahwa kamu memerlukan aplikasi antivirus agar smartphone android kamu terhindar dari serangan virus dan android kamu tetap dalam kondisi yang prima. Tetapi, kamu juga harus ingat kalau menggunakan antivirus di smartphone Android pasti akan memakan beberapa sumber daya dari perangkat smartphone android itu sendiri, Seperti RAM dan sumber daya baterai yang daya tahannya berkurang atau biasa disebut boros baterai

Baca Juga : Cara Sadap Gadget Pasangan Anda

Apakah benar semua itu? Yap, memang benar sekali, karena antivirus merupakan aplikasi yang selalu jalan dilatar belakang sepanjang waktu. Kebiasaannya yang sering dilakukan adalah kamu menginstal lebih dari satu antivirus pada smartphone android kamu. Sayangnya perbuatan itu merupakan hal yang tidak boleh dilakukan pada smartphone Android kamu. sebab ini akan membuat crash antar aplikasi antivirus, dan mampu menyebabkan sistem menjadi tidak stabil. Selain itu, pemasangan antivirus lebih dari satu dalam smartphone android kamu juga bisa menyebabkan beban sistem berlebihan karena aplikasi serti ini sangat memakan RAM. Saya sarankan lebih baik tidak usah menginstal Antivirus di smartphone android, karena android sudah memiliki keamanan sendiri jadi tidak usah kawatir terserang karena terserang virus, Asalkan kamu tidak berbuat neko-neko pada smartphone android kamu.

2. Mengabaikan Update Software pada Smartphone Android

 

Pada sebuah smartphone Android, sistem operasi pasti akan selalu mendapatkan pembaharuan secara berkala untuk memperbaiki segala kekurangan (bugs) yang terjadi sebelumnya, seperti memperbaiki bug dan persoalan keamanan. Maka dari itu, jika kamu mendapatkan pembaharuan pada smartphone android kamu, terima saja dan operasikanlah dengan baik dan benar.

Jika kamu mengabaikan pembaharuan pada sebuah smartphone android kamu merupakan salah satu hal yang tidak boleh boleh dilakukan, Kenapa begitu, karena jika kamu tidak mau melakukan pembaharuan pada smartphone android kamu, maka smartphone tidak bisa mendapatkan fitur dan menu terbaru yang tidak diberikan pada pembaharuan yang sebelumnya. Selain itu, smartphone kamu bisa jadi lelet saat di operasikan dan saka hang/lag.

3. Sering Merestart Smartphone Android

 

Hal yang tidak boleh dilakukan pada smartphone android kamu lainnya adalah jangan terlalu sering merestart smartphone kamu. Hal ini masih menjadi kontroversi dari berbagai pihak. Ada yang bilang kalau merestart seminggu sekali akan menyehatkan perangkat, tetapi ada yang bilang kalau setiap hari di restart pun tidak ada masalah.

Perlu kamu ketahui, Sebenarnya merestrat atau mereboot itu tidak terlalu dipermasalahkan. Tetapi, alangkah lebih baiknya sebelum melakukan hal itu, kamu harus menutup semua aplikasi-aplikasi yanng sedang terpakai sebelumnya. Hal ini sangat berguna agar aplikasi tidak rusak, dan smartphone tetap awet

4. Menutup Aplikasi Android Secara Paksa

 

Sebagian besar dari kamu pasti sering kali menutup aplikasi kamu secara paksa menggunakan task kiler ataupun secara manual dari opsi recent apps. Mungkin untuk beberapa kali penggunaan, kamu engak akan merasakan apa-apa. Tetapi, setelah sekian lama kamu menerapkannya, itu dapat merusak smartphone android kesayangan kamu.

Menutup aplikasi secara paksa merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan pada smartphone android kamu. Karena, ketika kamu membuka sebuah aplikasi tersebut disimpan dalam RAM. Saat kamu membuka aplikasi untuk kedua kalinya, maka memuat lebih cepat karena sudah ada cache untuk aplikasi itu. Jika kamu harus menutup aplikasi melalui task killer ataupun opsi recent apps, atau bahkan menghapus cache, data yang tersimpan pada RAM juga otomatis akan hilang. Berarti, kalau kamu akan membuka ulang aplikasi yang sama, maka proses penyimpanan data pada RAM akan dimulai dari awal lagi. Sehingga makin lama lagi kamu membuka aplikasi.

5. Download Aplikasi dari sumber yang tidak jelas

 

Jika kamu ingin mendownload sebuah aplikasi yang anda inginkan dan tidak menjumpainya di Google Play Store. Pastinya kamu akan mencarinya di Eyang Google untuk mendapatkan file APK yang kamu inginkan. Disini perlu kamu ketahui bahwa file APK yang kamuketahui memiliki efect negatis, karena file APK untuk android bisa di manipulasi, sehingga berisi sesuatu yang dapat menginfeksi perangkat android kamu.

Baca Juga : Cara Mengatur File Agar Memori Tidak Penuh

Hal ini tidak boleh dilakukan pada smartphone android kamu. Kalau memang kamu harus atau membutuhkan APK tersebutuntuk didownload selain di Google Play Store, maka carilah situs penyedia file APK yang terpercaya. Jangan asal main download mulai sekarang, nanti bisa membuat smartphone android kamu blank dan bisa-bisa membuat kamu nangis lagi. hehehe.

Nah.. itulah beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan pada smartphone Android kamu, yang dapat saya sampaikan dan jika ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan untuk kamu dan khususnya untuk saya sendiri.

Ahmad Adzan Azari

Ahmad Adzan Azari

Berhentilah mengungkapkan alasan untuk kegagalanmu. Sebab berhenti beralasan merupakan rahasia tersembunyi dari kesuksesan.

Kasih Komentar Gan