Inilah Bahaya Melakukan ROOT pada Android Yang Perlu Kamu Ketahui

LAWUMEDIA.COM – Para pengguna smartphone Android pastinya tidak asing lagi bukan dengan namanya ROOT pada sistem operasinya. Ngomong-ngomong tentang Root udah pada ngerti belum, Apa itu Root pada Android? Root pada Android adalah sebuah proses yang bisa memungkinkan kamu untuk mendapatkan akses dan kontrol penuh terhadap smartphone android yang kamu miliki saat ini. Sebagian besar pengguna Android ketika bertemu dengan sesamanya, hal yang sering ditanyakan adalah Android kamu udah di Root belum? setelah bertanya-tanya tentang Root kemudian mereka membahas tentang custom ROM yang bagus dan cepat di operasikan itu apa dan sebagainya. Itulah beberapa kasus yang sering saya sendiri jumpai.

 

Sebenarnya, Root pada smartphone Android itu hampir sama dengan istilah jailbreak di Iphone atau Hack di sysmbian. Anda alasan tersendiri mengapa orang-orang pada memilih untuk menge-Root smartphone Android mereka. Dengan Menge-Root smartphone Android, maka kamu akan bisa bebas dalam menginstall aplikasi-aplikasi gratis yang bertebaran di Store penyedia Aplikasi mana saja. Sebelum melakukan Root pada smartphone Android hal tersebut tidak akan bisa dilakukan. Ini adalah alasan banyak orang kenapa melakukan Root pada smartphone Android mereka.

Baca Juga : Cara Mengatur File Agar Memory Tak Cepat Penuh

Root pada smartphone android memang mempunyai banyak keuntungan, seperti bisa bebas dalam memodifikasi tema, bebas memasang aplikasi, menghapus aplikasi bawaan smartphone, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan yang didapat dari Rooting Android. Akan tetapi dibalik itu semua melakukan Root pada smartphone Android juga memiliki bahaya atau resiko sendiri pabi smartphone itu sendiri. Apa saja bahaya melakukan Root pada android?

bahaya-melakukan-root-pada-android

1. Garansi Pada Smartphone Android Hilang

Loh kok bisa hilang? Iya bisa dong, karena melakukan proses rooting pada smartphone android bisa menyebabkan garansi yang di berikan pabrik menjadi hilang. Jika kamu membawa smartphone android yang sudah dirooting ke service center, maka dipastikan tidak akan mendapatkan garansi walaupun masa berlaku garansi belum habis. Itu disebabkan karena pada saat proses root, otomatis akan merusak/melepas segel yang terpasang pada smartphone android kita.

2. Terancam Keamanan Smartphone

Hal ini perlu sekali dipertimbangkan, khususnya bagi mereka yang menggunakan smartphone Android untuk kepentingan bisnis dan profesional. Dengan melakukan rooting berarti semua mendapatkan akses ke sitem Android. Termasuk aplikasi-aplikasinya. Bagaimana jika aplikasi tersebut mengandung malware atau virus yang kemudian bisa mencuri atau menghapus data kita. Kalau memang itu terjadi ya tanggung saja sendiri resikonya. Kebanyakan pengguna android yang smartphonenya sudah di root mengeluh karena ponselnya rentan terhadap virus. Ini terjadi karena firewall terbuka akibat proses root.

3. Smartphone Android menjadi Lemah

Pada kebanyakan smartphone android yang sudah dilakukan root, banyak ditemukan beberapa masalah, yaiutu berkurangnya performa smartphone karena harus dipaksa bekerja lebih keras dan melakukan sesuatu yang diluar kemampuan smarphone itu sendiri. Hal ini akan mengakibatkan umur smartphone kamu menjadi pendek dan smartphone mudah sekali panas yang berlebihan saat digunakan atau di operasikan.

4. Operating System Android Menjadi Tidak Stabil

kalau smartphone sudah di root, tidak segan-segan lagi untuk melakukan menginstall Custom ROM. Perlu kamu ketahui Custom ROM yang beredar kebanyakan dikembangkan oleh Developer yang mempelajari caranya dengan otodidak dan coba-coba. Sekilas tampilan dari Custom ROM mereka memang bagus, akan tetapi bagaimana ketika Android kamu tiba-tiba menjadi sering crash atau mengalami boot loop? jangan salahkan pembuat Custom ROM tersebut, Itu semua salah kamu sendiri kenapa memakai Custom ROM tersebut.

 

5. Fitur Dalam Smartphone Android Tidak Bekerja Optimal.

Jika kamu menggunakan Custom ROM, kebanyakan Custom ROM tidak dirancang khusus untuk smartphone kalian gunakan. Beberapa pengguna memang rela untuk mengorbankan beberapa fitur, seperti kamera yang tidak berjalan, Bluetooth yang tidak bekerja, ataupun Wifi yang tidak bisa konek hanya demi mendapatkan Custom ROM terbaru dengan tampilan yang menarik dan bagus. Apakah kamu juga rela memiliki smartphone dengan kamera rusak, padahal jika menggunakan stock ROM bawaan kamera kalian bisa bekerja?

6. Smartphone Tidak Bisa Mendapatkan Update Yang Terbaru.

Menurut saya ini adalah resiko yang paling besar, terutama bagi kalian yang menggunakan Android racikan langsung dari Google. Tergantung dari produsen gadget kalian, beberapa produsen smartphone Android besar seperti Samsung, Motorola, Sony dsb akan merilis update OS Android resmi buatan mereka secara berkala. Dan apabila perangkat kalian sudah diroot, maka kalian akan melewatkan kesempatan untuk mendapatkan update OS ini. Kalian harus bergantung sepenuhnya kepada pembuat custom ROM kalian, tentang kapan akan merilis ROM baru (jika ada).

7. Akan Parah Jika Root Gagal

Bila kamu gagal saat melakukan proses root, maka dipastinkan smartphone android kamu akan mengulang proses dari awal, dan ini bisa memakan waktu yang begitu lama lagi. Disisi lain jika gagal dalam melakukan Root android maka kemungkinan yang paling parah adalah bisa menyebabkan smartphone android kesayangan kamu Bootloop atau mati total.

Baca Juga : Beberapa Hal Yang Harus di Hindari Pada Smartphone Android

Nah.. gimana apakah masih akan melakukan Root pada smartphone android kamu.? Mungkin cukup itu saja yang bisa saya smapaikan dalam Hal-Hal Bahaya Melakukan ROOT pada Android Yang Perlu Kamu Ketahui.

Ahmad Adzan Azari

Ahmad Adzan Azari

Berhentilah mengungkapkan alasan untuk kegagalanmu. Sebab berhenti beralasan merupakan rahasia tersembunyi dari kesuksesan.

Kasih Komentar Gan